Keragaman Budaya Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara kesatuan yang di dalamnya dipenuhi dengan keragaman serta kekayaan. Ada berbagai suku bangsa dan budaya serta ras, daerah dan juga kepercayaan agama. Selain itu, masih banyak lagi keragaman budaya yang ada di Indonesia.Akan tetapi, sekalipun dipenuhi dengan keragaman, Indonesia bisa mempersatukan hal itu sesuai dengan semboyan yang dimiliki oleh Negara ini, yaitu Bhineka Tunggal Ika. Adapun makna dari Bhineka Tunggal Ika sendiri adalah sekalipun berbeda-beda namun tetap satu jua.Keragaman budaya sendiri juga dikenal dengan istilah cultural diversity dan ini sudah menjadi sebuah keniscayaan yang dimiliki oleh bangsa ini. Di Negara ini pula, keragaman budaya merupakan sesuatu yang tidak dapat ditolak lagi keberadaannya.
keragaman budaya indonesia
bukubiruku.com
Di dalam konteks yang dipahami oleh masyarakat majemuk, di samping kebudayaan dan juga suku bangsa, Indonesia juga terdiri dari berbagai adat dan budaya daerah yang sifatnya lebih mengarah kepada kewilayahan yang menjadi pertemuan antara adat yang satu dengan yang lainnya. Kebudayaan sekelompok suku yang ada di.Dengan ditambah jumlah penduduknya yang mencapai lebih dari 200 juta orang yang tinggal di berbagai pulau di Indonesia. Mereka juga menetap di suatu wilayah dengan keadaan geografis yang berbeda dimulai dari kawasan pegunungan yang merupakan daerah dengan dataran tinggi, kemudian dataran rendah dan juga pesisir, daerah pedesaan, daerah perkotaan dan lain sebagainya.
Hal tersebut juga sangat berhubungan dengan tingkat peradaban yang ada di dalam suatu kelompok tertentu di Indonesia yang notabene sangatlah beragam. Pertemuan dengan berbagai budaya dan juga adat tersebut sangatlah mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang terdapat di Indonesia sendiri dan itu tentu saja menyebabkan bertambahnya berbagai kebudayaan yang terdapat di Indonesia.Selain itu, dengan semakin berkembang agama-agama besar yang juga ikut berkontribusi di Indonesia, itu juga turut mendukung adanya perkembangan dari kebudayaan Indonesia itu sendiri sehingga menjadi sebuah cermin atas kebudayaan tertentu. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan satu dari sekian Negara yang memiliki tingkat keberagaman budaya dan juga heterohenitas yang relatif tinggi.Tidak saja beragam dari sisi budaya dari masing-masing kelompok dalam suku bangsa, namun juga budaya yang beraneka ragam di dalam konteks peradaban, dimulai dari jaman tradisional hingga yang sifatnya modern serta kewilayahan. Dengan adanya budaya yang beraneka ragam tersebut, maka Indonesia bisa dikenal sebagai Negara yang mempunyai keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan Negara yang lainnya.
Potret kebudayaan yang terdapat di Indonesia bisa dikatakan beragam dan juga bervariasi. Dan tidak kalah pentingnya juga adalah secara sosial dan juga politik, Indonesia mempunyai jalinan sejarah serta dinamika interaksi di antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain secara kuat. Dan hal ini sudah dimulai sejak jaman dahulu.
Interaksi antara satu adat dengan adat yang lain, serta kebudayaan yang telah terjamin tidak hanya antara satu kelompok dengan kelompok yang berbeda. Namun antara satu peradaban dengan peradaban yang berbeda. Misalnya saja mendarat nya kapal Portugis di daerah Banten sekitar abad pertengahan telah membuka diri Negara ini di lingkup pergaulan di kancah internasional masa tersebut.
Hubungan yang terjalin di antara pedagang kawasan pesisir Jawa dan juga Gujarat ternyata memberi dampak yang sangat penting kepada bangunan interaksi antara satu peradaban dengan peradaban lain di Indonesia. Sehingga berbagai singgungan peradaban tersebutlah yang nantinya bisa membangun daya elasitas Negara ini di dalam melakukan interaksi dengan perbedaan yang terjadi.relasi dan juga hubungan yang sudah terjalin di antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain tersebut dapat berjalan dengan damai di dalam bingkai semboyan Bhineka Tunggal Ika. Yang di dalamnya tidak hanya mengacu kepada keberagaman suku bangsa dan budaya, namun juga di dalam sebuah konteks kebudayaan.Dengan didasari pula dengan kelompok suku bangsa yang  bisa mencapai 700 an suku di berbagai wilayah nusantara ini dan disertai pula dengan Beragam karakter kelompok dari masyarakat itu sendiri yang sangat beragam dan juga berbagai keberagaman agama, rumah adat, pakaian adat, kesenian dan juga berbagai makanan yang tak kalah beragam.
blog from ;https://moondoggiesmusic.com/keragaman-budaya-indonesia/
kat Indonesia sendiri termasuk ke dalam jenis masyarakat yang bisa dibilang majemuk dan juga memiliki karakter unik. Salah satu ciri khasnya adalah budaya gotong royong yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia khususnya bagi para generasi bangsa sudah selayaknya memiliki kemampuan untuk menjaga dan juga melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa tercinta ini.Jangan sampai perbedaan yang ada di dalamnya menjadikan manusia semakin lemah dan juga memunculkan adanya konflik antar budaya dan suku. Namun, mari bersama-sama menyongsong Indonesia yang memiliki kejayaan ini dengan penuh harapan indah dan juga semangat yang tinggi.


Komentar