PROPERTI TARI TOPENG

Properti Tari Topeng


Tari Topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon merupakan kesenian asli daerah Cirebon, Subang, ndramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari dan Brebes. Dinamakan tari Topeng Cirebon karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari topeng Cirebon, penarinya disebut dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng‐topeng tersebut. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Properti Tari Topeng adalah alat dan hiasan yang digunakan penari topeng saat naik pentas. Properti ini menghiasi seluruh tubuh penari, mulai dari kepala hingga kaki.

Properti Tari Topeng yang utama adalah topeng. Tiap tari topeng memiliki pakem ekspresi wajah topeng tersendiri. Tari Topeng sendiri merupakan tarian tradisional yang memakai topeng sebagai properti utamanya. Hampir setiap daerah memiliki tari topengnya masing masing. Seperti tari topeng dayak dari suku dayak Modang di wilayah kalimantan, Tari topeng reog dan tari topeng cirebon.

Selain topeng sebagai properti utama, juga ada properti lainnya, yaitu: selengdang, keris, topi, pakaian tari / topeng, slendang, keris, ronce, kostum.

Komentar